Expand Your International Networking

"Di Belanda kita akan terpapar dengan lingkungan multikultur dengan wawasan internasional. So, be open-minded!" Oky Adrian, Alumni HAN University

Posted by Sofia Yang at 2017-03-15 05:24
Category:

Mendapatkan kesempatan untuk studi di luar negeri merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya, dimana saya bisa keluar dari zona nyaman: berpisah dari keluarga untuk yang pertama kalinya di negara asing yang jauh dari kampung halaman. Hal terbaik yang saya dapat dari Studi di Belanda adalah kesempatan untuk mengembangkan jaringan internasional saya. Selain belajar dan bertemu dengan teman-teman Indonesia, saya juga berteman dengan teman-teman dari Belanda dan berbagai negara lainnya. Di Belanda kita akan terpapar dengan lingkungan multikultur dengan wawasan internasional. So, be open-minded! 

Hidup di Belanda tidaklah terlalu sulit dari apa yang saya bayangkan sebelumnya. Saya mudah menemukan makanan halal serta makanan/produk Indonesia. Transportasi yang digunakan pada umumnya adalah sepeda, dengan infrastruktur yang sangat baik dan bersahabat bagi penggunanya. Selain itu transportasi publik seperti kereta, bus, dan tram juga tergolong nyaman, mudah, dan tepat waktu. Seluruh moda transportasi publik ini juga terintegrasi dengan baik. 

Belanda sangat ketat dalam hal waktu. Untuk jadwal bus misalnya, jika bus harus berangkat pukul 10.23, maka bus akan berangkat pada pukul 10.23. Jika ada keterlambatan, biasanya akan diberitahukan di papan jadwal elektronik di halte. Begitu pula dengan jadwal kereta api. 

Orang Belanda sangat terbuka wawasannya dan mau menerima perbedaan budaya dari luar.Sebagian besar dari mereka dapat berbahasa Inggris, sopan, dan bersedia menolong jika kita butuh pertolongan. 

Kehidupan akademis di Belanda sangat menarik. Dosen-dosennya sangat terbuka dan cenderung akan berdiskusi untuk memecahkan suatu masalah. Situasi belajar di belanda juga lebih banyak didominasi dengan pertanyaan-pertanyaan kepada dosen, karena apabila kita tidak bertanya kepada apa yang kita belum tahu, maka mereka akan menganggap kita sudah mengerti. Oleh karena itu, lebih baik kita mengajukan pertanyaan untuk menghindari kesalahpahaman. Selain itu orang Belanda juga sangat menghargai pendapat orang lain meskipun berbeda dengan pendapat mereka. 

Dalam hal penilaian akademis, jika kita merasa hasil/skor ujian kita tidak sesuai dengan apa yang kita kerjakan, kita dapat memeriksa hasil pekerjaan kita dengan jawaban yang seharusnya. Setelah itu jika ternyata hasil jawaban kita benar, kita dampat mengajukan komplain. Mereka akan membuat catatan-catatan tentang pekerjaan kita dan apa saja yang harus kita tingkatkan. 

Di perkuliahan saya belajar teori yang dibarengi dengan praktek, sehingga teori yang saya dapatkan dapat lebih mudah diaplikasikan ke dunia nyata. Fasilitas di kampus juga mendukung hal tersebut, seperti perpustakaan misalnya. Di kampus saya ada beberapa perpustakan di beberapa fakultas. Selain itu kita juga dapat pergi ke perpustakaan milik pemerintah kota Arnhem. Selepas kuliah teori saya diharuskan untuk mengikuti program magang selama 3 bulan dan menulis thesis. Untuk lulus dan menerima gelar master, saya mempresentasikan hasil magang dan thesis saya di depan supervisor, academic assessor, dan external assessor.

Selama tinggal dan studi di Belanda, rekan-rekan satu kelas saya berasal dari berbagai negara. Perbedaan budaya dan cara berpikir menjadi tantangan sendiri untuk beradaptasi. Untuk menjembataninya, kadang kami membuat acara makan bersama di salah satu dapur di gedung tempat kami tinggal. Kami secara bergantian memasak makanan dari negara kami masing-masing. Kami juga kadang mengadakan perjalanan keliling Belanda pada saat waktu luang. Masih banyak cara-cara lain yang dapat kita adakan bersama, yang juga dapat memupuk tali silaturahmi. 

Jangan lupa mencari event-event seperti International Student Day, seminar, atau pertunjukan seni, serta mengunjungi tempat-tempat wisata di luar jam belajar untuk menambah wawasan serta membantu kita rileks dari rutinitas belajar. 

Posted by Sofia Yang at 2017-03-15 05:24
Category:
Tambah Komentar

You can add a comment by filling out the form below. Plain text formatting. Web and email addresses are transformed into clickable links. Comments are moderated.